Jumat, 16 Desember 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Satuan Pendidikan           : SMA N 1 Comal
Kelas/Semester                 : X1 / 1
Program                            : -
Mata Pelajaran                  : Sosiologi
Jumlah Pertemuan            : 1 x pertemuan


A.    Standar Kompetensi :
Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial.

B.     Kompetensi Dasar :
Mendeskripiskan bentuk - bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.      Menjelaskan pengertian ras (religius, jujur, aktif, kritis, demokratis)
2.      Mengidentifikasi faktor pembentuk ras (kritis, kreatif, aktif)
3.       Menjelaskan faktor penyebab perbedaan  ciri fisik setiap ras (aktif, kritis, demokratis)
4.      Membedakan ras negroid dan ras khusus (kritis, kreatif).

D.    Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat :
1.      Menjelaskan pengertian ras (religius, jujur, aktif, kritis, demokratis)
2.      Mengidentifikasi faktor pembentuk ras (kritis, kreatif, aktif)
3.      Menjelaskan faktor penyebab perbedaan  ciri fisik setiap ras (aktif,kritis, demokratis)
4.      Membedakan ras negroid dan ras khusus (kritis, kreatif)

E.     Materi Ajar (terlampir)
1.      Ras Negroid
2.      Ras – ras khusus
3.      Faktor yang menyebabkan perbedaan ciri fisik setiap ras
F.     Alokasi Waktu  : 2 X 45 menit

G.    Model dan Metode  Pembelajaran :
  1. Model Pembelajaran   : Snowball Throwing
2.      Metode Pembelajaan
-          Cermah Bervariasi
-          Kerja mandiri
-          Diskusi

H.    Kegiatan pembelajaran:
Pertemuan ke-1
     1. Kegiatan Pendahuluan
a.       Mempersiapkan kelas untuk pembelajaran: salam dan berdo’a bersama sebagai pembangunan karakter religiusitas dalam pembelajaran.
b.      Melakukan apersepsi: mengulas materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya, menggali pengetahuan awal peserta didik berkenaan dengan ras negroid, ras-ras khusus dan faktor penyebab perbedaan ciri fisik setiap ras guna menumbuhkan daya kritis, menghubungkan relevansi materi dengan materi sebelumnya.
c.       Melakukan motivasi: menyampaikan motivasi kepada peserta didik mengenai manfaat pembelajaran ras dan faktor penyebab perbedaan ciri fisik setiap ras agar meningkatkan karakter rasa keingintahuan peserta didik.
d.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
e.       Menyampaikan cakupan materi

2.   Kegiatan inti
            Eksplorasi
a.    Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik ras  negroid, ras-ras khusus, dan faktor penyebab perbedaan ciri fisik setiap ras yang akan dipelajari dengan menggunakan aneka sumber untuk meningkatkan karakter rasa keingintahuan dan gemar membaca dari peserta didik.
b.   Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya

Elaborasi
a.       Guru menampilkan slide video pembelajaran yang berkaitan dengan ras negroid, ras-ras khusus dan faktor penyebab perbedaan ciri fisik setiap ras  untuk membangun semangat peserta didik.
b.      Guru memberikan penjelasan umum mengenai ras negroid, ras-ras khusus yang ada dalam masyarakat, ciri-ciri ras dan faktor penyebab perbedaan ciri fisik setiap ras.
c.       Guru memfasilitasi kelas untuk mengutarakan ras negroid, ras-ras khusu, dan faktor penyebab perbedaan ciri fisik setiap ras guna membangun karakter rasa keingintahuan kelas dan karakter demokrasi, keberanian dan daya tanggap peserta didik.

Konfirmasi
a.       Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
b.      Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
c.       Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
d.      Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.

3.  Kegiatan Penutup
a.       Guru meminta peserta didik untuk membuat rangkuman secara mandiri dan tanggungjawab
b.      Melakukan refleksi
c.       Merencanakan tindak lanjut (melakukan pengayaan, remedial)
d.      Memberikan penugasan tidak terstruktur (mencari materi sesuai topik dan dibuat mind map)
e.       Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

I.       Penilaian Hasil Belajar
  1. Tes tulis
  2. Tes lisan
  3. Penilaian Proses

J.      Sumber Belajar :
1.      Sosiologi Bilingual untuk  SMA kelas X1, Pengarang M, Idianto, Penerbit Jakarta, 2006.
2.      Gambar, Foto, Film Dokumenter
3.      Media massa : cetak dan elektronik
4.      Masyarakat setempat



Pemalang, 19 Desember 2011
Mengetahui,
Kepa Sekolah                                                              Guru Bidang Studi


Drs. Moch. Amin                                                       Ade Setiyananda
NIP. 195701181986031007                                        NIM. 3401409026

0 komentar:

Posting Komentar

 

luangkan waktumu sejenak untuk belajar ,, !! Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2008