Minggu, 25 Desember 2011

RPP Sosiologi SMA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan           : SMA N 1 Blandong
Kelas/Semester                 : X1 / 1
Program                            : IPS
Mata Pelajaran                  : Sosiologi
Jumlah Pertemuan            : 1 x pertemuan (2x45 menit)



Standar Kompetensi         : 1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik   dan mobilitas sosial
Kompetensi Dasar             : 1. 1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat.                                             
Indikator                           :
·   Menjelaskan hakikat struktur dan deferensi sosial
·   Mengidentifikasi deferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama, dan jender.
·   Mendeskrispsikan berbagai pengaruh diferensiasi sosial yang terdapat dalam masyarakat.

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.    mendeskrispsikan pengertian struktur sosial
2.    mengidentifikasi diferensiasi sosial di masyarakat
3.    membedakan berbagai pengaruh diferensiasi sosial berdasarkan pengamatan atau kasus yang terdapat di masyarakat.
                               

B.     Materi Pembelajaran

1.      Struktur sosial
2.      Diferensiasi sosial

C.    Metode Pembelajaran

  1. Informasi
  2. kerja mandiri
  3. eksplorasi
  4. Diskusi
  5. ceramah

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran



No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Ket.
1.
Pendahuluan
b.       Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan sosiologi yang telah dipelajari di kelas X
c.        Memotivasi
Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran tentang struktur dan diferensiasi sosial dalam masyarakat.
d.       Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat gambaran tentang struktur sosial dan diferensiasi sosial dalam bentuk skema.


2.
Kegiatan Inti
a.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian , ciri struktur sosial, fungsi, dasn bentuk struktur sosial. Siswa membuat catatan singkat berdasarkan penjelasan guru.
b.      Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 6.
c.      Siswa mendengar penjelasan guru tentang diferensiasi sosial, dan bentuk-bentuk diferensiasi sosial.
d.      Siswa mengerjakan tugas ”Uji  Penguasaan Materi” dalam buku halaman 13.
e.      Siswa membentuk kelompok kemudian membaca artikel dalam buku  halaman 14, kemudian mendiskusikan bersama teman-temannya.
f.      Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru menjadi pemandu diskusi kelas.
g.      Siswa dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi kelompok.
h.      Siswa mengumpulkan hasil diskusinya untuk dinilai.



3.
Kegiatan Akhir
a.       Siswa mengerjakan evaluasi dalam buku halaman 15-18.
b.       Siswa diberi tugas untuk mengamati masyarakat di sekitarnya, lalu mengelompokkan masyarakat berdasarkan diferensiasi sosial. Kemudian siswa membuat laporan  atau tulisan.





E.      Sumber pembelajaran:
1.      Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS  halaman 2- 18.
2.      Kehidupan dalam masyarakat
3.      Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F.      Media
1.      Papan tulis
2.      Alat-alat tulis
3.      Lembar soal
4.      Transparan Konsep
5.      Power Point
6.      OHP

G.      Penilaian
1.      Hasil pekerjaan siswa “Uji Penguasaan Materi dalam buku 6 dan 13.
2.      Hasil laporan siswa tentang keadaan masyarakat.
3.      Diskusi kelompok dalam buku halaman 14


Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan berpendapat

Kerja sama













Keterangan: nilai maksimal 20


LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.



Penskoran:                                                     Jumlah skor:
A. Tidak Baik             Skor 1                          24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik           Skor 2                          18—23 = Baik
C. Cukup Baik            Skor 3                         12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4                          6—11 = Kurang
E. Sangat Baik             Skor 5


FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                 Rentang skor : 1—3
1.      Aktivitas dalam kelompok                                             2—15             = Sangat baik 
2.      Tanggung jawab individu                                              9—11              = Baik
3.      Pemikiran                                                                       6—8             = Cukup         
4.      Keberanian berpendapat                                             3—5                = Kurang       
5.      Keberanian tampil         



Pemalang, 25 Desember 2011
Mengetahui,                                                                       
Kepa Sekolah                                                              Guru Bidang Studi


Drs. Moch. Amin                                                       Ade Setiyananda, S.Pd.
NIP. 195701181986031007                                        NIM. 3401409026

0 komentar:

Posting Komentar

 

luangkan waktumu sejenak untuk belajar ,, !! Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2008