RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA N 1 Blandong
Kelas/Semester : X1 / 1
Program : IPS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Jumlah Pertemuan : 1 x pertemuan (2x45 menit)
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial
Kompetensi Dasar : 1. 1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat.
Indikator :
· Menjelaskan hakikat struktur dan deferensi sosial
· Mengidentifikasi deferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama, dan jender.
· Mendeskrispsikan berbagai pengaruh diferensiasi sosial yang terdapat dalam masyarakat.
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. mendeskrispsikan pengertian struktur sosial
2. mengidentifikasi diferensiasi sosial di masyarakat
3. membedakan berbagai pengaruh diferensiasi sosial berdasarkan pengamatan atau kasus yang terdapat di masyarakat.
B. Materi Pembelajaran
1. Struktur sosial
2. Diferensiasi sosial
C. Metode Pembelajaran
- Informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- Diskusi
- ceramah
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Ket. |
1. | Pendahuluanb. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan sosiologi yang telah dipelajari di kelas X c. Memotivasi Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran tentang struktur dan diferensiasi sosial dalam masyarakat. d. Rambu-rambu belajar Siswa mendapat gambaran tentang struktur sosial dan diferensiasi sosial dalam bentuk skema. | | |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian , ciri struktur sosial, fungsi, dasn bentuk struktur sosial. Siswa membuat catatan singkat berdasarkan penjelasan guru. b. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 6. c. Siswa mendengar penjelasan guru tentang diferensiasi sosial, dan bentuk-bentuk diferensiasi sosial. d. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 13. e. Siswa membentuk kelompok kemudian membaca artikel dalam buku halaman 14, kemudian mendiskusikan bersama teman-temannya. f. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru menjadi pemandu diskusi kelas. g. Siswa dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi kelompok. h. Siswa mengumpulkan hasil diskusinya untuk dinilai. | | |
3. | Kegiatan Akhir a. Siswa mengerjakan evaluasi dalam buku halaman 15-18. b. Siswa diberi tugas untuk mengamati masyarakat di sekitarnya, lalu mengelompokkan masyarakat berdasarkan diferensiasi sosial. Kemudian siswa membuat laporan atau tulisan. | | |
E. Sumber pembelajaran:
1. Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS halaman 2- 18.
2. Kehidupan dalam masyarakat
3. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. Lembar soal
4. Transparan Konsep
5. Power Point
6. OHP
G. Penilaian
1. Hasil pekerjaan siswa “Uji Penguasaan Materi dalam buku 6 dan 13.
2. Hasil laporan siswa tentang keadaan masyarakat.
3. Diskusi kelompok dalam buku halaman 14
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan berpendapat | Kerja sama | ||||
| | | | | | | | |
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
| | | | | | | | |
Aspek yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | | | | | | | |
2 | | | | | | | |
dst | | | | | | | |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
Pemalang, 25 Desember 2011
Mengetahui,
Kepa Sekolah Guru Bidang Studi
Drs. Moch. Amin Ade Setiyananda, S.Pd.
NIP. 195701181986031007 NIM. 3401409026
0 komentar:
Posting Komentar