Senin, 26 Desember 2011

RPP Sosiologi SMA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan           : SMA N 1 Blandong
Kelas/Semester                 : X1 / 1
Program                            : IPS
Mata Pelajaran                  : Sosiologi
Jumlah Pertemuan            : 6 x pertemuan (3x45 menit)



Standar Kompetensi   : 1.  Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan
                                           mobilitas sosial.                                         
Kompetensi Dasar      : 1. 1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena
                                          kehidupan masyarakat.                                             
Indikator                     :
·   Mendeskrispsikan stratifikasi sosial
·   Mengidentifikasi macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat.
·   Mendeskripsikan berbagai pengaruh stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat.
·   Membedakan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masyarakat.

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.    menjelaskan latar belakang timbulnya stratifikasi sosial
2.    menjelaskan dasar dan unsur-unsur stratifikasi sosial
3.    menjelaskan sifat dan fungsi stratifikasi sosial
4.    mengidentifikasi berbagai bentuk stratifikasi sosial
5.    membedakan berbagai pengaruh stratifikasi sosial berdasarkan, pengamatan atau kasus yang terdapat di masyarakat.
                                

B.     Materi Pembelajaran

1.      Hakikat Stratifikasi Sosial
2.      Wujud Stratifikasi Sosial
3.      Sistem Stratifikasi yang Pernah Ada di Indonesia
4.      Konsekuensi Stratifikasi Sosial

C.    Metode Pembelajaran

  1. Informasi
  2. kerja mandiri
  3. eksplorasi
  4. Diskusi
  5. ceramah

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan I

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Ket.
1.
Pendahuluan
b.       Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan struktur dan diferensiasi sosial.

c.        Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud pembelajaran tentang stratifikasi sosial.
d.       Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan gambaran tentang stratifikasi sosial yang ditampilkan oleh siswa di power point atau OHP.


2.
Kegiatan Inti
a.      Siswa memperhatikan beberapa gambar dalam buku.
b.      Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru tentang hakikat stratifikasi sosial.
c.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat stratifikasi sosial, dan wujud stratifikasi sosial.
d.      Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 28 dan 32.
e.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan pengaruh positif dan negatif akibat adanya stratifikasi sosial di Indonesia.
f.      Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu diskusi secara klasikal.
g.      Siswa dan guru menyimpulkan hasil diskusi secara bersama-sama.


3.
Kegiatan Akhir
a.       Siswa dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama.
b.       Siswa diberi tugas untuk membuat kliping tentang stratifikasi sosial dan membuat laporan tentang perbedaan prilaku di antara kelas-kelas sosial.




Pertemuan II

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Ket.
1.
Pendahuluan
a.       Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan hakikat dan wujud stratifikasi sosial..
b.       Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud pembelajaran tentang sistem stratifikasi yang pernah ada di Indonesia dan konsekuensi stratifikasi sosial.
c.        Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan gambaran dari guru tentang sistem stratifikasi yang pernah ada di Indonesia dan konsekuensi stratifikasi sosial.


2.
Kegiatan Inti
a.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang sistem stratifikasi yang pernah ada di Indonesia dan konsekuensi stratifikasi dalam masyarakat.
b.      Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi”
c.      Siswa membuat bagan stratifikasi sosial dalam masyarakat tempat tinggalnya.
d.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 42-43.
e.      Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal.
f.      Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok.


3.
Kegiatan Akhir
a.      Siswa dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama.
b.      Siswa membuat tulisan tentang stratifikasi sosial dalam masyarakat.
c.      Siswa mempersiapkan diri untuk ulangan blok.




Pertemuan III
No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Ket.
1.
Pendahuluan
a.       Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas para siswa.
b.       Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud  diadakan ulangan blok.
c.        Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok.


2.
Kegiatan Inti
a.       Siswa mendapatkan soal-soal ulangan.
b.       Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan.
c.        Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai.



3.
Kegiatan Akhir
a.       Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa.
b.       Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok.



E.      Sumber pembelajaran:
1.      Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS  halaman  20-48
2.      Kehidupan dalam masyarakat
3.      Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F.      Media
1.      Papan tulis
2.      Alat-alat tulis
3.      Lembar soal
4.      Transparan Konsep
5.      Power Point
6.      OHP
G.      Penilaian
1.      Hasil pekerjaan siswa “Uji Penguasaan Materi dalam buku 28 dan 32 
2.      Hasil laporan atau tulisan siswa
3.      Diskusi kelompok dalam buku halaman 42-43.




Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan berpendapat

Kerja sama













Keterangan: nilai maksimal 20


LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.

Penskoran:                                                                 Jumlah skor:
A. Tidak Baik             Skor 1                                      24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik           Skor 2                                      18—23 = Baik
C. Cukup Baik            Skor 3                                      12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4                                      6—11 = Kurang
E. Sangat Baik             Skor 5


FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                 Rentang skor : 1—3
1.      Aktivitas dalam kelompok                                             2—15             = Sangat baik 
2.      Tanggung jawab individu                                              9—11              = Baik
3.      Pemikiran                                                                    6—8                = Cukup         
4.      Keberanian berpendapat                                              3—5                = Kurang       
5.      Keberanian tampil         

            Pemalang, 25 Desember 2011
Mengetahui,                                                                       
Kepa Sekolah                                                                         Guru Bidang Studi


Drs. Moch. Amin                                                                  Ade Setiyananda, S.Pd.
NIP. 195701181986031007                                                  NIM. 3401409026


0 komentar:

Posting Komentar

 

luangkan waktumu sejenak untuk belajar ,, !! Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2008