RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA N 1 Blandong
Kelas/Semester : X1 / 1
Program : IPS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Jumlah Pertemuan : 6 x pertemuan (3x45 menit)
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan
mobilitas sosial.
Kompetensi Dasar : 1. 2. Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat.
Indikator :
· Mendeskripsikan berbagai pengaruh diferensiasi dan stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat.
· Mengidentifikasi berbagai konflik dalam masyarakat.
· Membedakan konflik dengan kekerasan dalam masyarakat
· Mendeskripsikan sebab-sebab terjadinya konflik di masyarakat.
· Mendeskripsikan proses terwujudnya integrasi dalam masyarakat.
· Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi integrasi sosial
· Menjelaskan faktor pendorong dan penghambat terwujudnya integrasi sosial.
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. Mendeskripsikan berbagai pengaruh diferensiasi sosial dan stratitikasi sosial
2. mengidentifikasi berbagai konflik dalam masyarakat.
3. mendeskripsikan sebab-sebab terjadinya konflik
4. mendeskripsikan faktor pendorong integrasi sosial.
B. Materi Pembelajaran
1. Pengaruh Diferensiasi Sosial dan Stratifikasi Sosial
2. Konflik Sosial
3. Integrasi Sosial
C. Metode Pembelajaran
- Informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- Diskusi
- ceramah
- penugasan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Ket. |
1. | Pendahuluanb. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang stratifikasi sosial dalam masyarakat. c. Memotivasi Siswa mendengarkan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran tentang konflik sosial. d. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan gambaran tentang skema konflik sosial dan integrasi sosial. | | |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa memperhatikan beberapa gambar dalam buku tentang konflik yang terjadi dalam masyarakat. Atau siswa menonton film tentang konflik yang terjadi dalam masyarakat. b. Siswa membentuk kelompok lalu mendiskusikan masalah yang terjadi dalam film atau gambar tersebut dengan pertanyaan panduan dalam buku halaman 54 dan 67. c. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas, dan guru bertugas sebagai pemandu diskusi kelas. d. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengaruh diferensiasi sosial dan stratifikasi sosial dan konflik sosial. e. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 54 dan 67. f. Siswa dan guru membuat kesimpulan atas diskusi siswa. | | |
3. | Kegiatan Akhir a. Siswa dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama yaitu tentang pengaruh diferensiasi sosial, stratifikasi sosial dan konflik sosial. b. Siswa diberi tugas untuk membuat kliping tentang konflik yang terjadi di tanah air dan memberi komentar tentang artikel tersebut. | | |
0 komentar:
Posting Komentar